Thursday, October 8, 2015

[Korean Series] Ma Boy (2012)


Ma Boy (2012)




TV Series | 60 Min | Romance, Comedy, Teen drama




Maybe contain spoiler!! Read at your own risk if you don't watch the series yet.


Ketika saya sedang mencari serial korea yang lucu, saya mendapat rekomendasi dari review seseorang di sebuah forum bahwa serial berjudul Ma Boy ini lucu. Begitu saya tahu episodenya pun hanya tiga (hal yang jarang ditemui di serial korea), maka saya pun ingin mencoba serial ini. 


Serial ini bercerita tentang seorang gadis bernama Jang Geu-Rim (Kim So-Hyun) yang bercita-cita ingin menjadi penyanyi pop. Dia lalu masuk ke sekolah seni terbaik di Korea Selatan. Tanpa disangka, dia malah mendapat teman sekamar yang seorang artis baru populer bernama Irene (Sun Woong). Ternyata Irene adalah seorang lelaki yang terpaksa harus menyamar menjadi perempuan demi karirnya.


See? Dari sinopsisnya aja pun, sebenarnya kita udah tahu bagaimana nanti alur ceritanya. Apalagi teen series kayak gini, ceritanya jelas as like a bored pop corn movie. Yeah, berhubung memang serial ini segmennya buat remaja, jelas nggak bakalan ngena alur ceritanya buat saya pribadi. Dan saya benar-benar menyesal harus percaya begitu saja pada reviewer yang mengatakan bahwa serial ini lucu. Ough! Harusnya saya membaca dulu sinopsinya. Yeah, my mistake! Baru beberapa menit saja saya menonton serial ini, saya sudah bisa menebak bakal seperti apa arah ceritanya. Sepuluh menit kemudian, saya tidak tahan lagi dan memutuskan untuk menghentikan menontonnya karena adegan-adegannya yang lebay luar biasa. Jujur saja, saya sempat pending lama sekali hingga akhirnya memutuskan untuk menontonnya kembali beberapa bulan kemudian dan itu pun dengan kebosanan luar biasa. Adegannya yang super duper lebay membuat saya terpaksa men-skip-skip adegannya. Apalagi saya yakin 1000% bahwa endingnya pasti akan berakhir dengan happy ending. Ironisnya, saya tipikal orang yang harus menonton film hingga usai walaupun harus men-skip adegannya. Ough!

 

Jika saya menonton serial ini 10 tahun yang lalu ketika serial Korea belum se-booming sekarang ini, mungkin saya akan berpendapat lain soal serial ini. Mungkin juga saya akan mengatakan bahwa ceritanya memang lucu. Tapi dengan alur cerita seperti ini dibuat di tahun 2010 keatas, it's really something fail in asian series, especially Korean series. Kenapa? Karena alur cerita seperti ini nyaris ditemui hampir di semua serial asia (khususnya Korea) bergenre teen romance. Kalau pun Ma Boy sedikit meramunya agar berbeda tetapi tetap saja inti ceritanya sama dengan formula basi yang sering dipakai di genre yang sama. Cerita penyamaran cowok menjadi cewek memang tak sebanyak cerita penyamaran cewek menjadi cowok, tetapi tetap saja alur cerita seperti itu bukanlah hal yang baru. Ujung-ujungnya pun pasti bakalan ada kisah cinta antara si penyamar tersebut dengan orang yang dekat dengannya. Ya, seperti serial ini. Dari ceritanya saja dimana Geu-Rim sekamar dengan Irene saja, kan kita sudah bisa menebak bakalan ada something diantara mereka nantinya. Yeah, seperti serial Hanazakari no Kimitachi e namun dengan versi berbeda dimana disini si cowok-lah yang menyamar.


Selain itu, tak ketinggalan ditampilkan juga atribut lengkap khas serial remaja seperti gang cewek narsis sok kece yang suka membully (dan tentu saja Geu-Rim jadi korban utamanya), trio cowok cupu yang menjadi fans Irene. Ada juga sang idola para cewek, Tae Joon (Min Hoo) yang ditaksir Geu-Rim tapi ternyata malah naksir Irene. Untungnya karakter sang guru tidak dibuat konyol seperti yang sering kita lihat di shitnetron televisi swasta kita. Well, paket komplit segala makhluk aneh ada di sini.


Dan soal akting... saya cuma bisa bilang hahaha.. yah, just so so, nothing's special. Karakter seperti Geu-Rim ini nyaris bakalan bisa ditemui di semua genre sejenis. Kim So Hyun yang kala bermain di serial ini usianya kalau tidak salah masih 13 tahun, bisa dibilang lumayanlah berperan sebagai Geu-Rim. Sun Woong sendiri terlihat agak kaku aktingnya. Saya, sih nggak pernah melihat aktingnya selain disini tapi sepertinya dia harus lebih banyak lagi berlatih. Tapi salut emang dengan wajahnya yang cantik banget itu, sampai saya sendiri mengakui kalau saya pun tertipu awalnya mengira karakter Irene itu adalah cewek beneran.


Dan akhirnya saya merasa menyesal harus mengikuti rekomendasi seseorang tersebut untuk menonton serial ini. Sumpah, saya nggak tau dimana lucunya serial ini. Asli, saya nggak ketawa sedikit pun menontonnya. Yang ada malah mesem terus, nggak tahan liat adegan-adegannya yang slapstick dan lebay abis. Para penikmat serial korea mungkin akan ngamuk-ngamuk membaca review saya ini dan mungkin mengatakan bahwa I have no sense of humor, tapi itulah yang memang saya rasakan ketika menonton serial ini. Menonton serial ini tak ubahnya seperti sedang menonton shitnetron di televisi swasta kita. Just waste my time watching this!



Rating:
Story: 2.5/10
Acting: 5.7/10
Music: 6/10







Judul lain ; Ma-Bo-i Genre : Romance, Komedi Episode : 3 Produksi : Tooniverse, 16 Agt - 30 Agt 2012 Tayang : Kamis, pk 21:00 KT Sutradara : Lee Jung Min Screenwriter : Moon Sun Hee Main Cast Kim So Hyun as Geu Rim Sun Woong as Hyun Woo/Irene Kang Hyeon Joong as Lee Eok Man Kim Ha Yeon as Ji Soo Min Hoo as Tae Joon Park Hee Gon as Hoon nam Supporting Cast Kim Hye Ji as Hye Ri Kim Hye Ji as Tackle member 1 Lee Ji Soo as Tackle member 2 Seo Joon Yeol as Han Gyeol Nam Tae Boo as Tackle member 1 Kim Jae Geun as Tackle member 2 Lee Jong Yeol as Jeong Jik Hae Kwon Na Yeong as Choi Sa Rang Lee Jong Min as Reporter Kang

Kadorama-recaps.blogspot.com http://kadorama-recaps.blogspot.co.id/2012/09/ma-boy-episode-1.html

Details

  • Title: 마보이 / Ma Boy
  • Revised romanization: Maboyi
  • Hangul: 마보이 
  • Genre: Romance, comedy, youth. teen drama
  • Episodes: 3
  • Director: Lee Jung Min
  • Writer: Moon Sun-Hee
  • Broadcast network: Tooniverse
  • Broadcast period: 2012-Aug-16 to 2012-Aug-30
  • Air time: Thursday 21:00
  • Language: Korean
  • Country: South Korea

Cast

  • Sun Woong as Irene / Hyun Woo
  • Kim So Hyun as Jang Geu Rim
  • Min Hoo as Tae-Joon
  • Kim Ha-Yeon as Ji-Soo
  • Kang Hyun-Joong as Lee Eok-Man
  • Park Hee-Gon as Hoon-Nam
  • Kim Hye-Ji as Hye-Ri
  • Lee Jong-Min as Reporter




Judul lain ; Ma-Bo-i Genre : Romance, Komedi Episode : 3 Produksi : Tooniverse, 16 Agt - 30 Agt 2012 Tayang : Kamis, pk 21:00 KT Sutradara : Lee Jung Min Screenwriter : Moon Sun Hee Main Cast Kim So Hyun as Geu Rim Sun Woong as Hyun Woo/Irene Kang Hyeon Joong as Lee Eok Man Kim Ha Yeon as Ji Soo Min Hoo as Tae Joon Park Hee Gon as Hoon nam Supporting Cast Kim Hye Ji as Hye Ri Kim Hye Ji as Tackle member 1 Lee Ji Soo as Tackle member 2 Seo Joon Yeol as Han Gyeol Nam Tae Boo as Tackle member 1 Kim Jae Geun as Tackle member 2 Lee Jong Yeol as Jeong Jik Hae Kwon Na Yeong as Choi Sa Rang Lee Jong Min as Reporter Kang

Kadorama-recaps.blogspot.com http://kadorama-recaps.blogspot.co.id/2012/09/ma-boy-episode-1.html

No comments: